Foto Pribadi

Foto Pribadi

Kamis, 09 April 2015

Tumis Oyong Tauge dan Tempe Semangit


 
Judulnya panjang ya...hihi, meskipun judulnya panjang tapi masaknya super cepat kok. Selain cepat rasanya juga enak lho. Mungkin teman-teman pembaca sudah sering masak oyong atau di daerah asalku Madiun biasa disebut gambas. Oyong pastilah tidak asing ya buat kita emak-emak yang suka nguplek di dapur, jadi sayur teman lauk makan siang atau makan malam yang menyegarkan dan sekaligus menyehatkan. Dari segi harganyapun termasuk murah.

Menurut salah satu literatur yang sempat aku baca yaitu Wikipedia oyong tidak bisa kita sepelekan manfaatnya untuk kesehatan kita. 
Oyong dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah, yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Jawa Barat sebelum naik haji. Manfaat ini didapat dari kandungan cucurbitasin di dalam bijinya. Tak hanya berkasiat bagi diabetes, oyong dapat menyembuhkan penyakit semisal, radang usus, asma hingga meningkatkan air susu ibu (ASI). [2] Oyong juga dikonsumsi untuk mencegah pilek, meredakan radang sendi, nyeri otot, serta menormalkan siklus menstruasi. Daging buahnya bisa digosokkan ke kulit untuk membuang sel mati. Namun manfaat ini belum diteliti terlalu jauh. [3]
Untuk setiap 100 gram, oyong mengandung 1.09 g protein, 17 mg calcium,1.6 mg iron, 5.6 lU vitamin A, 7 mg vitamin C[4].

Setelah tahu begitu banyak manfaatnya tidak ada ruginya kalau kita mulai sering menyajikan olahan oyong untuk menu keluarga kita sehari-hari. Oyong tidak cuma sebatas dibuat sup atau sayur bening seperti yang selama ini sering kita temui. Seperti olahan oyong yang kali ini aku buat untuk menemani santap makan siangku, berhubung lagi pengen sesuatu yang segar dan masaknya cepat langsung deh aku buka kulkas cari-cari apa yang bisa diolah. Stock sayuran di kulkas ternyata tinggal sedikit, salah satunya oyong dan tauge. Aku coba cari bahan-bahan lain di kulkas siapa tahu ada bahan yang cocok untuk campuran oyong, yuup...nemu tempe semangit ! Ahaaa....tempe semangit kesukaanku pasti klop buat campuran tumis oyong dan tauge. 


Ternyata bener lho...yang namanya  tempe semangit membuat olahan oyong dan tauge jadi tumisan yang segar dan nendang rasanya...hehe lebay.com.^_^ 
Oh ya..satu catatan yang perlu kita perhatikan untuk mengolah oyong dan tauge, sebaiknya masaklah menjelang disajikan dan jangan terlalu lama memasaknya (over cook) supaya mendapatkan sensasi gigitan yang masih kres-kres dan yang pasti tidak hilang percuma kandungan vitaminnya.



Okee...biar nggak penasaran aku bagi resepnya ya, siapa tahu teman-teman pembaca ada yang pengen mencoba masakan yang sederhana ini...yuuk simak resepnya berikut ini..



TUMIS OYONG TAUGE & TEMPE SEMANGIT
 ann's recipe

Untuk 1 porsi

Bahan
- 1 buah oyong ukuran sedang, kupas dan potong bulat atau serong
- 1 cangkir tauge
- Tempe semangit secukupnya, potong dadu

Bumbu :
- 1 siung bawang putih ukuran besar, keprek dan cincang 
- 2 siung bawang merah, iris tipis
- 3 buah cabai rawit merah, iris serong (jumlah cabai sesuaikan selera)
- 1 lembar daun salam
- 1 ruas lengkuas, memarkan
- 1/4 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional, jika tidak suka bisa diganti garam)
- 1/2 sendok teh gula 
- 1/4 sendok teh lada
- 100 ml air (1/2 gelas belimbing)
- Minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang putih, bawang merah, salam, lengkuas dan tempe semangit. Setelah harum tambahkan air, tunggu sampai mendidih dan tambahkan sisa bumbu lainnya. Didihkan kembali sampai tercium wangi bumbu, masukkan oyong dan tauge, aduk rata. Masak sampai bumbu meresap dan kuah agak menyusut atau nyemek-nyemek kalau orang jawa bilang. Cicipi rasanya dan sesuaikan selera. Angkat dan sajikan.

Hmmm... syedaaap...!
 
 
Posting Komentar