Foto Pribadi

Foto Pribadi

Jumat, 10 April 2015

Lodeh Tahu Kulit Bumbu Iris



Masakan bersantan sangat jarang aku hidangkan di dalam menu sehari-hari, meskipun sebenarnya aku paling suka masakan bersantan. Kalaupun pengen masakan bersantan pastilah aku hindari pemakaian santan yang terlalu kental, hal tersebut lebih karena alasan kesehatan. Maklum nih umur semakin nambah ya teman-teman otomatis penyakitpun bisa tiba-tiba datang, jadi asupan makanan yang terlalu berlemak sudah harus direm.

Masakan ini sebenarnya sudah aku masak kemaren dan sengaja aku inapkan untuk lauk makan hari ini. Masakan bersantan apalagi yang namanya lodeh memang paling enak kalau diinapkan terlebih dahulu karena dengan cara itu bumbu-bumbu akan semakin meresap. Orang jawa bilang dingat-nget akan semakin enak..hehe. Tapi perlu diperhatikan ya.. untuk masakan yang sengaja mau dingat-nget/dipanasi berulang-ulang pemakaian garam di awal memasak harus dikurangi kalau nggak nanti bakalan keasinan karena lama kelamaan kuah akan menyusut.




Karena di kulkas stock yang bisa dimasak lodeh tinggal tahu kulit yowislah gak apa-apa.. cuma tahu kulitpun jadi. Apalagi tahu kulit pas banget kalau dimasak lodeh.. mau dipanasi berkali-kali juga ga cepet hancur ya.. Kali ini aku pakai bumbu iris aja, tinggal cemplang-cemplung jadi deh... maklum nih hampir sebulan siku tangan kanan lagi kena radang, jadi otot sendinya terasa sakit kalau buat ngulek. Tapi alhamdulillah sekarang sudah agak mendingan.




Oke deh.. daripada emak-emak satu ini kebanyakan cerita mendingan aku bagi resepnya ya.. monggo siapa yang pengen masak Lodeh Tahu silahkan dicoba resep berikut ini..



LODEH TAHU KULIT BUMBU IRIS
ann's recipe


Untuk 4 porsi

Bahan & bumbu :
- 10 buah tahu kulit, blansir (rebus sebentar dan buang airnya)
- 20 buah cabai rawit hijau utuh (jumlahnya sesuaikan selera)
- 1 batang daun bawang, iris kasar
- 8 siung bawang merah, iris tipis
- 4 siung bawang putih, iris tipis
- 2 lembar salam
- 2 ruas lengkuas, keprek
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk (optional/bisa diganti garam dengan ukuran yang sama)
- 1 sendok teh gula merah
- Tempe semangit, secukupnya  potong dadu
- 1 bungkus kecil santan instan (kurang lebih 60 ml)
- 600 ml air (kurang lebih 3 gelas belimbing)
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang merah, bawang putih, salam, lengkuas dan tempe semangit. Setelah bumbu layu dan wangi masukkan santan, didihkan sambil diaduk rata. Masukkan tahu berikut sisa bumbu, masak dengan api kecil. Cicipi dan sesuaikan selera. Terakhir masukkan cabai rawit dan daun bawang, masak hingga matang. Angkat dan sajikan.

Lodeh Tahu Kulit akan semakin nikmat apabila ditambahkan petai.. berhubung ga ada ya sudahlah lain kali bikin lagi dengan tambahan petai. Kali ini tambahannya cuma cabai rawit utuh... makannya ditemani krupuk, ikan asin dan sambil nyeplusi rawitnya..wis nikmat deh..hihi ^ ^



Note :
Tempe semangit adalah tempe yang over fermentasi, orang jawa sebagian menyebutnya dengan "tempe bosok". Tempe semangit bisa didapatkan dengan cara diinapkan beberapa hari di suhu ruang atau disimpan di kulkas. Ciri-cirinya adalah tempe akan berubah warna agak kecoklatan dan berbau. Tapi justru bau yang sebagian orang menghindari karena beraroma agak tajam dan "aneh" itulah yang dicari dan dijadikan bumbu sebagai penyedap masakan. Buktikan deh sensasi rasanya... wuihh..bikin nagih dan nafsu makan bakalan bertambah..!!.. hihi...lebay.com ^ ^

Posting Komentar