Foto Pribadi

Foto Pribadi

Jumat, 13 Februari 2015

Mie Instan Sehat dan Padat Gizi


Noddle with meat Royalty Free Stock Photo
Ilustrasi : dreamstime

Instant noddle with vegetable and egg Royalty Free Stock Images
Ilustrasi : dreamstime

Musim hujan seperti sekarang ini paling pas dan enak kalau kita makan makanan yang hangat dan berkuah. Banyak pilihan makanan berkuah yang bisa kita nikmati di musim penghujan seperti sekarang ini. Tinggal pilih saja mau beli atau bikin sendiri, ada soto, bakso, sup ataupun yang paling simple adalah mie instan. Pilihan terakhir yaitu mie instan sepertinya yang paling sering kita buat, apalagi kalau mendadak perut lapar dan tidak ada makanan lain yang bisa kita santap. Tapi ingat lho, jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instan karena mie instan termasuk makanan olahan yang tentunya di dalamnya terkandung zat pengawet dan perasa tambahan dimana apabila dikonsumsi secara berlebihan berdampak tidak sehat bagi tubuh kita.

Noddle with meat Royalty Free Stock Photo
Ilustrasi : dreamstime

Untuk mensiasati mie instan yang kita konsumsi supaya sehat dan padat gizi kita harus pintar mengolahnya dengan menambahkan komponen serat seperti sayur-sayuran dan protein seperti telur, ayam, udang, tahu ataupun sumber protein lainnya. Mie instan merupakan sumber karbohidrat, hindari mengkonsumsinya dengan nasi karena itu artinya kandungan gulanya akan dua kali lipat masuk ke dalam tubuh kita.
Batasi mengkonsumsi mie instan, sebaiknya sesekali saja mengkonsumsinya atau maksimum sekali seminggu. Jika tensi darah kita cenderung tinggi/hipertensi atau lagi diet rendah garam lebih baik hindari mie instan ya teman-teman karena kandungan garam di bumbu kemasan mie instan cenderung tinggi.

Di Jakarta sudah hampir seminggu lebih tiap hari diguyur hujan terus, terkadang hujan dari pagi sampai malam gak berhenti-berhenti. Kalau sudah begitu otomatis udara jadi dingin membuat perut mudah lapar dan kebetulan kemaren nggak masak apa-apa tapi mau keluar cari makan kok malas, ya sudah cari yang simple saja yaitu mie instan. Meski gak pernah nyetok tapi kalau cuma mie instan yaahh... gampanglah, tinggal beli saja di warung dekat rumah.... heheh  ^_^
Eitt... meskipun cuma mie instan tapi aku bikin yang spesial, enak dan padat gizi. Satu lagi, bikinnya harus pakai hati, penuh cinta... hemmm dijamin siiip dehh, pasti enak... hihih. Kebetulan di kulkas aku selalu stock sayuran, tahu dan telur. Mungkin teman-teman bertanya-tanya dan merasa aneh, kok mie instan dimasak pakai tahu... mendengarnya saja merasa aneh, bagaimana rasanya nanti apa ya enak... ? Namanya makanan kalau kita belum pernah mencobanya nggak akan pernah tahu rasanya enak apa nggak. Menurutku ternyata enak juga lho tahu ditambahkan di mie instan, rasanya nggak aneh malah merupakan perpaduan yang pas... itu menurutku lho ya... heheh.
Okee... daripada hanya ceritanya saja mendingan aku bagi resepnya ya, siapa tahu teman-teman ingin juga mencoba membuat mie instan ala aku yang sehat dan tentunya padat gizi.... Yuuuk mari dicoba resep berikut ini.... ^_^


MIE INSTAN SEHAT DAN PADAT GIZI
ann's recipe

Untuk 1 porsi

Bahan :
           - 1 bungkus mie instan rebus, merk dan rasa sesuaikan selera
              (aku pakai se*** kari spesial, rasa bumbu rempahnya nendang banget) 
           - 1 buah kecil tahu cina/tahu putih biasa, potong dadu
           - 1 butir telur
           - 1 mangkuk sayuran campur (misal taoge, kangkung dan jamur tiram)       
           - 1 batang daun bawang, rajang tipis
           - 1 tangkai seledri, rajang tipis
           - Bakso/sosis/ayam fillet/udang secukupnya (optional)
           - Air untuk kuah (sesuai aturan di kemasan)
           - Air secukupnya untuk merebus mie 

 Bumbu :            

             - 1 bungkus bumbu bawaan mie instan
             - 1/2 buah bawang bombay ukuran kecil, cincang

Cara membuat :

             - Rebus mie setengah matang, tiriskan dan buang air rebusannya. 
             - Tumis bawang bombay dengan minyak yang ada di bumbu kemasan,
               (bila menggunakan ayam fillet/udang tumis juga sampai berubah warna).
             - Masukkan air untuk kuah dan masak sampai mendidih. 
             - Setelah air mendidih ceplokkan telur, tunggu sampai matang. 
             - Masukkan mie, bumbu dan sisa bahan lainnya, masak sampai matang.
             - Menjelang diangkat masukkan daun bawang dan seledri.

Noddle with meat Royalty Free Stock Photo
Ilustrasi : dreamstime

Sajikan mie instan dengan cabe rawit atau saos sambal, jika suka tambahkan air perasan jeruk nipis/jeruk lemon.... dan rasanya...?? wuihh jangan ditanya, segerr dan nampol banget... !

** ¯\_()_/¯ yummy & healthy...



Posting Komentar