Foto Pribadi

Foto Pribadi

Minggu, 04 Januari 2015

Selamat Datang Tahun 2015

Happy fruits year, natural fresh fruit, ecology
Ilustrasi : dreamstime
Selamat Datang dan Selamat Tahun Baru 2015...!!
Alhamdulillah kita masih bisa bertemu di tahun baru ini ya teman-teman.... Semoga tahun 2014 menjadi pengalaman dan pelajaran yang berharga dan bisa menjadikan kita lebih sabar, ikhlas dan bijak dalam melangkah dan melewati tahun 2015. Tetap semangat, berusaha dan tetap berserah diri kepadaNya. Semoga di tahun ini kita selalu diberi nikmat sehat, rejeki,  terwujud apa yang menjadi harapan kita dan segalanya menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya ya..... Amiiin.







Buka lapak siap menunggu pembeli   



Kali ini aku nggak akan posting resep makanan tapi mau cerita mengenai betapa serunya melewati malam tahun baru dengan tidak bersenang-senang hanya menghabiskan uang. Yang pasti keseruannya gak jauh dari makanan.... tetep deh makanan yang dibahas.... Iyalah..memang passsionnya sudah di situ ya.... hihih  ^_^

Di tahun-tahun sebelumnya, dimana kalau pas pergantian malam tahun baru keluarga besar dari suami selalu melewatinya dengan kumpul bareng di rumah atau di suatu tempat sambil menikmati makanan yang kami masak rame-rame.
Kali ini nggak seperti biasanya, tahun baru sengaja kami lewati di rumah masing-masing karena sebagian kerabat ada yang merayakan tahun baru bersama warga setempat di lingkungan rumahnya atau pergi ke luar kota.
Dari situlah aku dan salah satu kakak ipar punya ide dimana malam tahun baru ini kita keluar rumah tapi jangan keluar duit tapi dapat duit... nah lho siapa yang mau ngasih...? Kami mau buka lapak, jual makanan enak dan lagi ngetrend... Sosbak Bandung, Sosis Bakar Jumbo... hmmm yummy..!!  Sosisnya bukan sembarang sosis tapi sosis yang kualitasnya bagus, rasa dagingnya terasa, nggak pakai pewarna (warna sosisnya cenderung pucat seperti warna daging ketika sudah dimasak) apalagi MSG dan meski sudah dingin masih terasa empuk ketika digigit karena campuran tepungnya hanya sedikit. Nanti dech kapan-kapan aku posting bagaimana tips memilih sosis yang enak dan berkualitas.
Oke...siapa takut !

Akhirnya tiga hari sebelum waktunya tiba kami berjibaku mempersiapkan segala sesuatunya, untungnya produk yang akan kami jual dan segala peralatan yang kami butuhkan disupport penuh dari kantorku. Tinggal ijin lokasi yang belum kami dapatkan.. Karena kami belum libur kerja maka untuk ijin lokasi baru kami urus sehari sebelum hari H, padahal tiga hari sebelum hari Hnya pas survey lokasi sudah terlihat tenda-tenda berjajar rapi di kiri kanan di sepanjang jalan masuk Perumahan Telaga Kahuripan Bogor, lokasi dimana kami akan buka lapak. Wah agak keder juga.... yang lain sudah standby lha kami malah baru mau minta ijin. Mentang-mentang tempat tinggal mertua (base camp kami) di perumahan itu  kali ya. Apalagi ini baru pertama kalinya kami buka lapak di tempat umum dan segala sesuatunya kami handle sendiri....  tapi justru itu yang jadi tantangan.
 Ide kali ini harus terwujud dan harus sukses..!

Alhamdulillah akhirnya ijin lokasi kami dapatkan dan dapat lokasi yang strategis. Lokasi  kami yaitu pas di pinggir jembatan yang kiri kanannya terhampar danau alami yang cantik dimana kalau pas weekend atau hari libur menjadi tujuan wisata dan tempat nongkrong anak-anak muda, para komunitas motor ataupun mobil. 
Okeee...siiiip, tinggal menunggu hari "H"nya nih....

Yeaaay... jualan laris manis... seruuu...!!


Hujan gerimis mulai turun sejak dini hari sampai siang hari. Kami mulai was-was.... bagaimana nih nasib buka lapaknya, jadi nggak ya...? karena kalau hujan gak berhenti juga sampai sore bakalan gagal nih buka lapaknya karena kami gak mempersiapkan tenda hanya mengandalkan pintu bagasi mobil sebagai atapnya... nekat banget ya...hihih.
Begitu jam empat sore ternyata gerimis berhenti, kami bergegas menuju lokasi dan wuaaa.... ternyata lokasi sudah penuh dengan para pedagang, hanya tempat kami saja yang masih kosong, cuma ada meja yang tadi siang sengaja kami tempatkan di situ untuk penanda kalau lokasi itu sudah ada yang nempatin... heheh. Gerimis rupanya masih berlanjut, mulai turun lagi.... tapi entah kenapa kami justru semakin semangat buka lapak, apalagi begitu melihat di sepanjang kiri kanan jalan penuh dengan stand yang menjual berbagai macam terompet, aneka minuman, makanan, buah-buahan sampai baju  dan celanapun ada semua. Tinggal pilih deh...

Lapak sudah siap di lokasi, saatnya gelar dagangan menunggu malam tahun baru tiba sambil menunggu pembeli. Satu persatu pembeli mulai datang, semakin malam semakin banyak yang datang, wow... semakin semangat aja nih bakulnya....hihih. Karena brand jualan kami sudah dikenal, kualitas rasanyapun juga oke jadinya orang yang sudah tahu gak perlu nanya banyak perihal sosbak yang kami jual. Biasanya mobil atau motor yang dari jauh lihat spanduk di mobil kami begitu dekat langsung memperlambat kendaraannya dan berhenti minta dibakarin tuh sosis.... seru deh pokoknya. Apalagi kalau pas ada yang makan di tempat dan nambah lagi... wah tambah semangat aja bakulnya ! Iya dong...artinya produknya disukai banyak orang kan...?  Laris manis tanjung kimpul... dagangan laris duit ngumpul... heheheh.



Siap bakar.... wangi sosbak bikin laperrr...!!

Saat itu jam menunjukkan pukul 23.50.... kurang sepuluh menit lagi sudah masuk di tahun 2015. Pengunjung lokasi dimana kami buka lapak sudah penuh sesak. Dari jam sembilan malam mobil motor dan pejalan kaki memenuhi lokasi dimana akan diluncurkannya kembang api penanda bergantinya tahun 2014 ke tahun 2015 dan lokasi itu tepat di depan lapak kami... wuaaa bakalan seru..!!
Begitu jam menunjukkan pukul 23.55 mulai terdengar suara terompet dan desingan kembang api meluncur ke angkasa bergantian, pijaran cahayanya berpendar di angkasa terlihat cantik....!! Moment itu bisa kami saksikan sampai jam 24.00 lewat. Wuaaa.... akhirnya bisa juga menyaksikan kembang api di tengah padatnya pengunjung yang entah datang dari mana. Mungkin mereka datang dari sekitar Bogor atau bahkan dari Jakarta, karena memang Perumahan Telaga Kahuripan setiap pergantian malam tahun baru selalu menjadi pusat dinyalakannya kembang api bagi warga setempat dan sekitarnya.

Jam menunjukkan pukul 24.30... pelan-pelan pengunjung berkurang hanya muda mudi dengan mobil atau motor mereka yang masih bertahan di situ melewatkan malam tahun baru sampai dini hari. Kamipun bergegas untuk menutup lapak, dengan semangat kami kemasi barang-barang untuk dimasukkan di mobil. Pandanganku seketika tertuju pada jok tengah mobil dan itu membuatku ketawa sendiri, bagaimana tidak.... di mobil sudah aku siapin bantal, baju hangat dan selimut berharap di sela-sela bakulan bisa santai di mobil menikmati dinginnya malam dengan berselimut sambil menikmati secangkir kopi/teh dan cemilan.... huaaaa...ternyata hal itu nggak terjadi...! Boro-boro berselimut, bakulnya sibuk bakar sosis karena pembeli antri... gak sempet nyantai apalagi makan meskipun sebenernya perut laper..... hihih.

Akhirnya kami meninggalkan lokasi dengan penuh rasa syukur karena di tahun baru ini bisa kami isi dengan hal yang bermanfaat dan mendapatkan pengalaman yang berharga. Pengalaman bagaimana belajar bakulan di tempat umum, yaitu mulai dari mengurus ijin lokasi, prepare produk dan property yang akan dipakai sampai berlatih kesabaran menunggu pembeli dan berlatih kerja cepat supaya pembeli tidak lama menunggu pesanan.

Di tahun 2015 ini aku berharap diberi semangat untuk bisa rajin posting, nggak angot-angotan seperti tahun kemaren. Dasar emak-emak kali ya... suka dihinggapi penyakit "M"... mualeeess.... biasa... alasan.com... hihih.
Okeee teman-teman... sampai ketemu di postingan berikutnya ya.... ^_^





Posting Komentar