Foto Pribadi

Foto Pribadi

Kamis, 17 November 2016

Sayur Lodeh Ikan Asin



Makan nasi ditemani sayur lodeh, tempe garit, sambal terasi dan krupuk... bisa-bisa gagal diet karena pasti akan nambah nasinya. Sekali-sekali sih bolehlah dan sementara lupakan soal diet, mari kita nikmati hidup dengan menyantap makanan sederhana tapi dijamin maknyusss.... hahay. ^_^

Sayur lodeh pasti teman-teman sudah pada tahu dan mungkin malah sering terhidang di meja makan sebagai lauk sehari-hari untuk keluarga tercinta. Sayur lodeh seperti apa yang sering teman-teman hidangkan...? Pasti isi sayur lodehnya bervariasi tergantung selera masing-masing kan...? Kalau aku suka sayur lodeh yang ditambahi tempe semangit dan cabe rawit utuh. Makan sambil nyeplusi rawitnya... duuhh nikmatnyaaa...!






Kemaren tiba-tiba kok pengen bikin sayur lodeh, kebetulan di kulkas masih ada sedikit kacang panjang, labu siam dan sisa ikan asin yang tinggal kepalanya saja karena badannya sudah dimasak beberapa minggu yang lalu. Ikan asinnya gak tahu apa namanya, yang pasti ukuran badannya sebesar telapak tangan orang dewasa dan dagingnya tebal. Hmmm... ngebayangin sayur lodeh pakai kepala ikan asin kok jadi lapar. Ya sudah bahan-bahan yang ada langsung disiapin dan aku eksekusi di dapur. Ternyata hasilnyaaa.... nendang banget, maknyusss...! Sayur lodehnya kaya rasa, apalagi kepala ikan asinnya masih ada dagingnya dan terasa lembut di lidah... mantap deh. Yuk siapa yang suka silahkan cobain, berikut resepnya yaaa... ^_^


SAYUR LODEH IKAN ASIN
ann's recipe

Untuk 4 porsi

Bahan :
5 lonjor kacang panjang, potong agak kecil.
1/2 buah labu siam, potong-potong sesuai selera.
50 gram tempe semangit, potong dadu.
1 buah kepala ikan asin ( bisa pakai ikan asin gabus atau jambal roti ), rendam sebentar di air panas dan cuci.
10 buah cabai rawit atau sesuai selera. .
1 bungkus kecil santan instan Ka**
750 ml air.
2 sendok makan minyak goreng.

Bumbu :
5 siung bawang merah, iris tipis.
3 siung bawang putih, iris tipis.
1 ruas lengkuas, memarkan.
1/2 ruas jahe, memarkan.
2 lembar daun salam.
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional ).
1/2 sendok teh gula merah atau gula pasir.
Garam secukupnya ( apabila diperlukan ).
Cara membuat :
Panaskan minyak,tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, tambahkan tempe semangit, lengkuas, jahe dan daun salam. aduk sebentar dan masukkan air, didihkan. 
Tambahkan kacang panjang dan labu siam, masak sampai sayuran setengah matang.
Masukkan santan, kepala ikan asin, cabai rawit, kaldu bubuk dan gula. Masak sampai sayuran empuk, cicipi dan sesuaikan rasanya, apabila kurang asin baru tambahkan garam. Angkat dan sajikan.




Sajikan sayur lodeh sebagai teman makan nasi, lengkapi dengan tempe garit, sambal terasi dan krupuk. Hmmm.... makan siang yang nikmat dan sejenak lupakanlah diet... Yummy...! ^_^


 

 
Posting Komentar