Foto Pribadi

Foto Pribadi

Rabu, 16 November 2016

Getuk Singkong Bakar



Lagi rajin nih bikin cemilan yang agak ribet... Apalagi musim hujan begini bawaannya pengen yang anget-anget, ngopi sambil ditemani kudapan... gak perlu mahal bahannya, yang penting bikinnya pakai hati dan senyum pasti hasilnya enak dan gak terasa ribetnya... hahay indahnya hidup ini. ^_^

Untuk bikin getuk singkong harus diperhatikan singkongnya ya teman-teman. Pilih singkong yang bagus, cirinya adalah kulit dalamnya berwarna pink. Singkong kan punya kulit luar yang tipis berwarna coklat, nah ada lagi kulit dalamnya yang tebel. Biasanya kulit dalamnya pasti sedikit terlihat dari luar, kalau warnanya agak pink beli deh pasti singkongnya mempur, empuk gak keras atau kacel bahasa jawanya. 





Penampilan dari getuk bakar ini sepintas mirip lemet, utri atau ada yang menyebutnya pepes singkong. Kalau lemet singkongnya nggak dikukus dulu tapi diparut dan selebihnya cara pembuatannya sama. Untuk getuk ataupun lemet kalau ingin bervariasi teman-teman bisa menambahkan potongan kelapa muda ataupun nangka yang dipotong kecil-kecil.
Okee... yuk kita siapin bahan-bahannya dan berikut resepnya yaa...


GETUK SINGKONG BAKAR
ann's recipe


Untuk 15 bungkus ( ukuran kecil )

Bahan :
500 gram singkong, kukus dan haluskan.
1/2 butit kelapa setengah tua, parut memenjang.
1/2 sendok teh garam.
100 gram gula merah, sisir.
1 bungkus kecil vanilli bubuk.
Daun pisang untuk membungkus 

Cara membuat :
Campur singkong, kelapa parut, garam dan vanilli sampai tercampur rata. Gunakan tangan agar bisa tercampur rata.
Masukkan gula merah, aduk dengan bantuan sendok dan aduk asal saja. Tetapi kalau teman-teman suka dengan hasil getuk yang warna gula merahnya merata silahkan aduk-aduk sampai tercampur rata.
Siapkan daun singkong, taruh adonan sesendok munjung. Bungkus seperti membungkus pepes. Sematkan lidi di kedua ujungnya dan kukus kurang lebih 20 menit. Angkat dan panggang di pan teflon sampai kedua sisinya agak gosong. 









Sajikan dengan ditemani secangkir kopi dan rasanya...? Hmm... gurih, legit dan pastinya yummy... !
Posting Komentar