Foto Pribadi

Foto Pribadi

Senin, 10 Maret 2014

Sambal Korek



Sambal Korek

Cabe yang baru dipanen

Namanya sambal sepertinya wajib dalam menu sehari-hariku terutama untuk menu makan siang. Yang paling aku suka adalah "sambal korek". Kenapa dijuluki "sambal korek" gak ada yang tahu pasti. Mungkin sangking enaknya itu sambal sudah habispun masih di"korek-korek".......berharap masih ada sambal yang tersisa di cobek......hihihi, unik juga ya namanya ? Sambal yang satu ini bagiku sederhana dan sangat gampang bikinnya, apalagi makannya ditemani ikan asin....hemmmm pokoke "nyamleng" (nikmat) rasanya dan bisa-bisa ngabisin nasi sebakul (kalau gak inget badan melar).


Pohon Kemangi



Menu makan siang


Sayur Lodeh Tahu Tempe


Sepiring makan siangku


Cerita soal sambel korek ternyata di keluarga mertuaku sepertinya gak mengenal/gak pernah bikin itu sambel. Dua minggu yang lalu pas ke tempat mertua aku lihat cabe di halaman rumah banyak banget dan di bawahnya tumbuh pohon kemangi "ijo royo-royo"  (hijau segar & tumbuh banyak). Wah ini dia makanan favoritku, aku paling gak tahan kalau lihat yang hijau-hijau segar. Berhubung nyampe tempat mertua sudah sore aku urungkan niat untuk panen cabe & kemangi. Sementara kutahan dulu nafsuku, besok pagi-pagi baru deh akan aku habisi....heheh (bakalan gak nyenyak nih tidurku).


Pohon Cabe

Keesokan paginya berbekal nampan aku langsung ke halaman depan dan dalam sekejap pohon cabe tinggal daunnya & pohon kemangi tinggal batangnya. Menjelang makan siang langsung aku eksekusi bikin sambal korek, kebetulan ibu mertua sudah menyiapkan menu makan siang.... ada pecel madiun, sayur lodeh, telur dadar, krupuk dan tak ketinggalan lalap kemangi. Begitu pas waktunya makan siang sambal korek langsung tandas dan terpaksa harus ngulek lagi karena pada mau nambah makannya..... Alhamdulillah semua pada suka. Dan ternyata yang namanya sambal korek sekarang gak pernah absen di menu masakan ibu mertuaku. Pastinya tiap hari harus selalu ada di meja makan dan jadi sambal favorit di keluarga besar kami....

Yang mau cobain "sambal korek" silahkan ambil cobek dan praktekin resep berikut ini....





SAMBAL KOREK
ann's recipe

Bahan :
- 10 buah cabai rawit merah/hijau
- 1 siung kecil bawang putih
- 1/2 s.t garam
- Penyedap secukupnya ( optional )
- 2 s.m minyak sayur

Cara membuat :
Ulek semua bahan ( kecuali minyak ) sampai halus. Panaskan minyak sayur & siramkan ke adonan sambal, aduk rata dan siap dihidangkan. Minyak yang dicampurkan harus panas, ini untuk menghilangkan bau langu cabe & sekaligus untuk mengeluarkan aroma wangi dari sambal korek.


Sepiring makan siangku


Bahan & pembuatannya sangat sederhana kan...? Monggo dipun cobi...
Yummy & Healthy.... !


Tidak ada komentar: