Foto Pribadi

Foto Pribadi

Kamis, 27 Februari 2014

Rujak Jambu Bol ( Jambu Dersana )



 
Jambu Bol ( Jambu Dersana )



Semasa kecil aku inget banget sama jenis jambu yang satu ini. Pohonnya tidak begitu tinggi banget dan daunya seperti daun jambu air pada umumnya tapi lebih tebal. Dulu pohon Jambu Dersono, begitulah aku menyebutnya tumbuh di halaman rumah almarhum budhe. Aku gak tahu kenapa disebut "Jambu Dersana" atau "Jambu Dersono" begitu orang jawa menyebutnya, mungkin dulu yang pertama kali menanam di Indonesia/yang bawa ke Indonesia pak Dersono kali ya...hehehe (ngarang banget...). Tapi pada umumnya orang menyebutnya dengan Jambu Bol, gak ada sekalipun aku dengar orang menyebut Jambu Dersono.....mungkin sebutan Jambu Dersono hanya di daerahku Madiun kali ya....? Eh tapi pas aku browsing di "mbah Google" ternyata memang ga ada yang salah dengan sebutan itu...ada yang menjuluki dengan Jambu Bol, Jambu Bool atau Jambu Dersana.
Ahh...yang pasti apalah arti sebuah nama yang penting kan penampilan & manfaatnya to...?
Ternyata Jambu Bol yang penampilannya sangat menggoda, berwarna merah hati dan buahnya yang terasa lembut mengandung banyak manfaat untuk tubuh kita. Jambu Bol merupakan sumber vitamin A, B1, C, kalium, fosfor & serat sehingga apabila kita mengkonsumsinya kita akan mendapatkan manfaatnya yaitu salah satunya untuk mempercantik kulit & menjaga kesehatan mata.
Lha...?? kok jadi cerita panjang lebar...hixhixhix. Maklum menyalurkan energi yang sekian lama tertahan....halahhh opo maneh ki.

Oke deh...yang pasti sekarang aku gak susah kalau pengen rujak jambu bol, dulu semasa kecil kalau lagi musim bisa aku dapatkan di halaman rumah budhe, sekarang setelah tua (tapi ngerasanya masih muda aja...hihih) bisa aku dapatkan di halaman samping rumah bulik. Tinggal petik...dan bikin rujak dehh, hemmm..... sampe kemecer (menelan ludah).
Dan kalau mau ikut kemecer ayo cepet bikin... ini dia resepnya, sederhana dan gampang buanget. Takarannya semua pakai "secukupnya"... sesuai selera... hihi..


RUJAK JAMBU BOL
ann's recipe


Bahan :
- Jambu bol ( cuci & potong serong )
- Cabai rawit
- Gula merah
- Garam
- Terasi matang
- Asam jawa ( buang bijinya )

Cara membuat :
- Campur semua bumbu & ulek halus.
- Tambahkan jambu bol dan tekan2 dengan ulekan ( dibejek-bejek ).

Rujak siap dinikmati....selamat mencoba. Maaf foto rujaknya gak ada, tadinya gak kepikiran mau posting. Untung masih nyimpen foto jambunya pas baru dipanen...^_^
Posting Komentar